Senin, 10 Oktober 2011

Penerapan Komunikasi Data



Salam dahsyat guys, kali ini saya akan menulis sedikit tentang penerapan komunikasi data dalam keseharian, emang sih ini juga berkaitan dengan tugas yang di berikan buat mahasiswa stiki, tapi saya akan berusaha mencurahkan pengetahuan saya ya moga saja bias berguna untuk kita semua.
dari definisi bila dilihat kata komunikasi dan data itu dimana data : merupakan sebuah representasi atau gambaran fakta dari dunia yang mewakili suatu obyek seperti manusia, hewan dan lainnya yang di rekam dalam bentuk angka, huruf, gambar, suara atau kombinasinya, sedangkan komunikasi yaitu suatu penyampaian informasi antar entitas. Jadi bisa disimpulkan komunikasi data yaitu penyampaian informasi yang dilahkukan oleh antar entitas yang mana suatu yang disampaikan itu merupakan representasi dari suatu fakta.
 Nah dalam keseharian komunikasi data sangat sering dilahkukan :

beberapa contohnya :

1) Penerapan Pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Biasanya suatu perusahaan menggunakan penerapan Enterprice Resource Planning (ERP) yang merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen yang dapat memudahkan pengaturan manajemen perusahaan yang bersangkutan
2) Penerapan Pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan
Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari wacana Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

3) Penerapan Pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Kesehatan
Misalnya saja sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien serta digunakannya pula robot untuk membantu proses operasi pembedahan dan juga penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.


4) Penerapan Pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Perbankan dan Bisnis
: dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi digunakan untuk transaksi perbankan lewatInternet Banking maupun untuk melakuakan kegiatan lainnya seperti transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara ONLINE dengan menggunakan jaringan komunikasi internet atau dikenal sebagai E-Commerce.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar